Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP)

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN

JUDUL MATA KULIAH               : ET. ASSESSMENT

KODE MATA KULIAH/SKS        : KBG 314/2 SKS

DESKRIPSI SINGKAT                  :
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa Strata 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tentang konsep-konsep Language Assessment secara mendalam, sehingga mereka diharapkan bisa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip Language Assessment baik bahasa pertama (L1) dan terutama bahasa kedua (L2), mempunyai konsep serta wawasan yang komprehensif tentang variasi asesmen dalam pembelajaran bahasa; menganalisis item serta menentukan item soal yang baik berdasarkan kriteria yang baku.   

STANDAR KOMPETENSI:
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan Language Assessment, antara lain meliputi: (1) The sociolinguistic foundation of assessment; (2) Implication of of the communicative model of Language Assessment; (3) What is communicative language assessment; (4) How is communicative language assessment different from structure-focused assessment? (5) Types of communicative language assessment; (6) Pragmatic language assessment; (7) Norm referenced and criterion referenced language assessments; (8) Discrete point vs Integrative language assessments; (9) Types of tests in language assessment; (10) Types of test items in language assessment; (11) The items, passage items, and discrete items.

Persyaratan:

Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah ini diwajibkan mengikuti tatap muka minimal 80%, sudah lulus mata kuliah Language skills (basic listening, Intermediate listening, advanced listening;  basic speaking, Intermediate speaking, advanced speaking; basic reading, Intermediate reading, advanced reading;dan basic writing, Intermediate writing, advanced writing; memiliki buku ajar yang digunakan, datang tepat waktu setiap kali ada pertemuan.

Kegiatan Mahasiswa:

1.      Belajar secara reguler di dalam kelas.
2.      Mengerjakan tugas terstruktur di luar kelas dengan bimbingan dosen yang bersangkutan.
3.      Membuat tugas Mini Research Project yang berkaitan dengan topik-topik yang dibahas di bawah bimbingan dosen pengampu mata kuliah.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah                  : ET ASSESSMENT
Kode Mata Kuliah/SKS : KBG 314/2 SKS

Waktu Pertemuan      : 16 kali pertemuan dalam satu semester.

 Kompetensi:

1.     Standar Kompetensi
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan Language Assessment, antara lain meliputi: (1) The sociolinguistic foundation of assessment; (2) Implication of the communicative model of Language Assessment; (3) What is communicative language assessment; (4) How is communicative language assessment different from structure-focused assessment? (5) Types of communicative language assessment; (6) Pragmatic language assessment; (7) Norm referenced and crterion referenced language assessments; (8) Deiscrete point vs Integrative language assessments; (9) Types of tests in language assessment; (10) Types of test items in language assessment; (11) The items, passage items, and discrete items.

2.      Kompetensi Dasar:

Mahasiswa bisa: (1) menjelaskan dengan tepat The sociolinguistic foundation of assessment (2) menguraikan dengan tepat Implication of the communicative model of Language Assessment, (3) menjelaskan What is communicative language assessment, (4) mendeskripsikan How is communicative language assessment different from structure-focused assessment?, (5) menjelaskan Types of communicative language assessment, (6) menjelaskan konsep Pragmatic language assessment; (7) membedakan konsept antara Norm referenced and criterion referenced language assessments; (8) membedakan konsept antara Discrete point vs Integrative language assessments; (9) mendeskripsikan Types of tests in language assessment; (10) menjelaskan Types of test items in language assessment; dan (11) menguraikan dengan rinci The items, passage items, and discrete items


Proses Kegiatan Belajar Mengajar

Pertemu-an ke

Tujuan

(A)

Pokok Bahasan

(B)
Subpokok bahasan
 (C)
Learning activities
(D)
Media:
(E)

Evaluasi

(F)
1
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1)  Mahasiswa memahami konsep The sociolinguistic foundation of assessment.
(2)  Bisa memberikan contoh The sociolinguistic foundation of assessment
The sociolin-guistic found-ation of assessment
(1)     Definition of the sociolinguistic foundation of assessment
(2)     Differences between sociolinguistic foundation of assessment with the conventional one.  
1.      Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang The sociolinguistic foundation of assessment yang mereka ketahui
2.      Penyajian materi
3.      Tanya jawab tentang materi tersebut
1.      OHP
2.      LCD
3.      white board
4.      hand out
1. Please explain the definition of The sociolinguistic foundation of assessment
2. Provide examples of The sociolinguistic foundation of assessment

2
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1) menjelaskan the implication of of the communicative model of Language Assessment dan
(2) memberikan contoh tentang the implication of of the communicative model of Language
Implication of of the communica-tive model of Language Assessment
1.    Definition of communicative model of Language Assessment
2.    More elaboration of Implication of of the communicative model of Language Assessment
1.    Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang konsep Implication of of the communicative model of Language Assessment
2.    Penyajian materi baru
3.    Tanya jawab tentang Implication of of the communicative model of Language Assessment

1.     OHP
2.     LCD
3.     white board
4.     hand out
1.    Describe the Implication of of the communi-cative model of Language Assessment

2.    Provide prac-tical illustrations of the Implica-tion of of the communicative model of Language Assessment
3
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1)    Menjelaskan penegrtian  communicative language assessment
(2)    Memberikan contoh tentang communicative language assessment


What is communicative language assessment
1.    Definition of communicative language assessment
2.    Characteristics of communicative language assessment

1.    Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang communicative language assessment
2.    Penyajian materi
3.    Tanya jawab tentang materi yang baru selesai dibahas
1. OHP
2. LCD
3. white board
4. hand out
1.    Describe what you understand about communicative language assessment
2.    Provide some examples of a communicative language assessment in various language skills!
4
Quist I
5
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1)   Membedakan konsep communicative language assessment vs structure-focused assessment
(2)   Memberikan contoh2 tentang communicative language assessment vs structure-focused assessment






How is communicative language assessment different from structure-focused assessment?
1.    Definiton of communicative language assessment
2.    Definiton of structure-focused assessment
3.    Examples of communicative language assessment as well as structure-focused assessment
1.    Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang communicative language assessment vs structure-focused assessment
2.     Penyajian materi
3.  Tanya jawab tentang materi yang baru dibahas
1.      OHP
2.      LCD
3.      white board
4.      hand out
1.   Please describe the concept of communicative language assessment
2.   Explain the concept of structure-focused assessment
3.   Provide examples of both in various language skills!

6
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1) Menjelaskan Types of communicative language assessment

Types of communicative language assessment
1.  Definition of each type of communicative language assessment
2.  Examples of each type communicative language assessment

1.    Pendahuluan: bainstorming tentang  Types of communicative language assessment
2.    Menyajikan materi baru
3.    Penutup: Tanya jawab tentang materi yang baru dibahas.
1.      OHP
2.      LCD
3.      white board
4.      hand out
1.    Please explain The concepts  of  each type of communicative language
2.    Please provide some examples of each types of communicative language
7
Mid Semester
8
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
Menjelaskan Pragmatic language assessment
Pragmatic language assessment
1.     Definition of Pragmatic language assessment
2.     Complete  elaboration of Pragmatic language assessment

3. Pendahuluan: Brainstorming tentang materi yang akan dibahas
2. Penyajian tentang materi Pragmatic language assessment
3. Tanya jawab
As above
Explain in detail the following items:
1. Pragmatic language assessment
2. Provide some examples of Pragmatic language assessment
9
Umum: Sama dengan di atas
Khusus
(1) Memberdakan konsep Norm referenced and crterion referenced language assessments
(2) Memberikan contoh tentang Norm referenced and crterion referenced language assessments

Norm referenced and crterion referenced language assessments
1.    Definition of Norm referenced language assessments
2.    Definition of crterion referenced language assessments
3.    Examoples of both types language assessments

1.    Pendahuluan: Brainstorming tentang materi baru yang akan diajarkan.
2.    Penyajian: Norm referenced and crterion referenced language assessments
3.    Penutup: Tanya jawab tentang materi yang baru dibahas.  

As above
1. Differentiate the concepts of Norm referenced and crterion refer-enced language assessments
2. Provide some examples illustrating Norm referenced and crterion refer-enced language assessments

10
Quist II
11
Umum: sama dengan di atas
Khusus:
(1) Memberdakan konsep Discrete point vs Integrative language assessments
(2) Memberikan contoh tentang Discrete point vs Integrative language assessments


Discrete point vs Integrative language assessments
4.    Definition of discrete point language assessments
5.    Definition of integrative language assessments
6.    Examoples of both types language assessments

4.    Pendahuluan: Brainstorming tentang materi baru yang akan diajarkan.
5.    Penyajian: Discrete point vs Integrative language assessments
6.    Penutup: Tanya jawab tentang materi yang baru dibahas.  

As above
1. Differentiate the concepts of discrete point language assessments
2. Provide some examples illustrating integrative language assessments

12
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1)  Menguraikan types of tests in language assessment
(2)  Memberikan contoh2 tentang types of tests in language assessment
Types of tests in language assessment
Types of tests in language assessment
1.    Pendahuluan: Brainstorming tentang types of tests in language assessment.
2.    Penyajian: materi.
3.    Penutup: Tanya jawab
As above
1.    Please describe types of tests in language assessment.
2.     Provide some examples illustrating types of tests in language assessment
13
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1)  Menguraikan types of test items in language assessment
(2)  Memberikan contoh2 tentang types of test items in language assessment
Types of test items in language assessment
Types of test items in language assessment
1.    Pendahuluan: Brainstorming tentang types of test items in language assessment.
2.    Penyajian: materi.
3.    Penutup: Tanya jawab
As above
1.    Please describe types of test items in language assessment.
2.     Provide some examples illustrating types of test items in language assessment
14
Umum: Sama dengan di atas
Khusus:
(1)  Menguraikan The items, passage items, and discrete items
(2)  Memberikan contoh2 tentang The items, passage items, and discrete items

The items, passage items, and discrete items
1.    The items  in language assessment
2.    The passage items
3.    The discrete items in language assessment
1.    Pendahuluan: Brainstorming tentang The items, passage items, and discrete items.
2.    Penyajian: materi.
3.    Penutup: Tanya jawab
As above
1.    Please describe the items, passage items, and discrete items.
2.     Provide some examples illustrating each of the items, passage items, and discrete items in language assessment
15
General review
All materials
All sub-topics
Discussions


16
Final examination











G.  Bibliography:

Henning, G. 1987. A guide to language testing: Development, Evaluation and Research. Cambridge: Newbury House Publishers.

Isaac, S. & Michael, W.B. 1982. Handbook in research and evaluation: for education and behavioral sciences. San Diego, California: Edits Publishers.

Lyman, H.B. 1971. Test scores and what they mean. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Suparman, Ujang. 2010. Language Assessment. Bandar Lampung: Lampung University.


KONTRAK PERKULIAHAN

a.     Nama Mata Kuliah             : ET Assessment
b.     Kode Mata Kuliah/sks       : KBG 314/2 SKS
c.      Semester                          : Genap
d.     Hari Pertemuan/jam           : Kamis, 09:10 – 10:50
e.      Tempat Pertemuan            : Ruang C1 Gedung C FKIP Unila
f.       Status Mata Kuliah            : Wajib
g.     Mata Kuliah Prasyarat                 : -

1.     Manfaat Mata Kuliah bagi mahasiswa:
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep serta bisa menggunakannya dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berhubungan dengan Language Assessment, antara lain meliputi:

(1)  The sociolinguistic foundation of assessment;
(2)  Implication of the communicative model of Language Assessment;
(3)  Communicative language assessment;
(4) Differences between communicative language assessment and structure-focused assessment.
(5) Types of communicative language assessment;
(6)  Pragmatic language assessment;
(7)  Norm referenced and crterion referenced language assessments;
(8)  Deiscrete point vs Integrative language assessments;
(9)  Types of tests in language assessment;
(10) Types of test items in language assessment; and
(11) The items, passage items, and discrete items.

2.     Deskripsi Perkuliahan:
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa Strata 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tentang konsep-konsep Language Assessment secara mendalam, sehingga mereka diharapkan bisa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip Language Assessment baik bahasa pertama (L1) dan terutama bahasa kedua (L2), mempunyai konsep serta wawasan yang komprehensif tentang variasi asesmen dalam pembelajaran bahasa; menganalisis item serta menentukan item soal yang baik berdasarkan kriteria yang baku.   

3.     STANDAR KOMPETENSI:
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan Language Assessment, antara lain meliputi: (1) The sociolinguistic foundation of assessment; (2) Implication of of the communicative model of Language Assessment; (3) What is communicative language assessment; (4) How is communicative language assessment different from structure-focused assessment? (5) Types of communicative language assessment; (6) Pragmatic language assessment; (7) Norm referenced and crterion referenced language assessments; (8) Deiscrete point vs Integrative language assessments; (9) Types of tests in language assessment; (10) Types of test items in language assessment; (11) The items, passage items, and discrete items.  

4.     Strategi Perkuliahan:
Selama perkuliahan, mahasiswa diajak menggunakan daya pikir mereka sebelum penyajian materi dimulai (brainstorming), dilanjutkan dengan penyajian materi melalui alat Bantu LCD, OHP dan media lainnya; diskusi, serta diakhiri dengan tanya jawab seputar topik yang sedang dibahas.

5.     Materi/Bacaan Pekuliahan:
Henning, G. 1987. A guide to language testing: Development, Evaluation and Research.
Isaac, S. & Michael, W.B. 1982. Handbook in research and evaluation: for education and behavioral sciences.
Lyman, H.B. 1971. Test scores and what they mean.
Suparman, Ujang. 2010. Language Assessment.

6.     Tugas untuk Mahasiswa:
a.         Tugas kelompok: Membuat studi mini tentang item analysis soal-soal yang sudah digunakan siswa SMP atau SMA pada ujian nasional (UN) atau ujian akhirn sekolah (UAS) dengan cara terlebih dahulu mengumpulkan naskah-naskah soal dari beberapa SMPN dan SMAN yang berlokasi di Bandar Lampung dengan membawa surat pengantar yang telah disiapkan oleh dosen dan diketahui oleh pimpinan fakultas. Lalu mengalisisnya secara berkelompok (5 orang masing-masing kelompok) serta melaporkannya di hadapan kelas menjelang semester berakhir.
b.         Tugas mandiri: membuat satu model langauge assessment yang meliputi keempat language skills (listening, speaking, reading and writing). Kemudian diserahkan kepada dosen pengampu pada waktu yang telah disepakati bersama oleh mahasiswa dan dosen.

7.     Kriteria Penilaian Hasil Belajar mahasiswa:
  1. Mengikuti perkuliahan minimal 80% (pertimbangan boleh tidaknya mengikuti ujian akahir)
  2. Mengikuti Quiz I dan II
  3. Menyerahkan tugas mandiri dan kelompok (mini research project)
  4. Mengikuti ujian tengah semester
  5. Mengikuti Ujian Akhir

Pembobotan nilai untuk MK ET. Assessment

Item yang dinilai
Bobot
Quiz I dan II
20%
Mini Reserch Project
20%
Ujian Tengah Semester
25%
Ujian Akhir
35%


Penilaian dengan PAP:
Nilai Total
Huruf Mutu
>7,5
A
6,6 – 7,5
B
5,5 – 6,5
C
5,0 – 5,4
D
<5,0
E




8 Jadwal Perkuliahan:

Minggu ke

Topik bahasan
Bacaan/Bab
1
The sociolinguistic found-ation of assessment
Henning, G. 1987.
Suparman, 2010
2
Implication of of the communica-tive model of Language Assessment
Henning, G. 1987.
Suparman, Bab 4, hal. 49 - 61
3
What is communicative language assessment
Henning, G. 1987.
Suparman, Bab 5, hal. 63-69
4

Quiz I


5
How is communicative language assessment different from structure-focused assessment?
Henning, G. 1987.
Lyman, H.B. 1971.
Suparman, Bab 5, hal. 70-74
6
Types of communicative language assessment
Lyman, H.B. 1971.
Suparman, Bab 7, hal 101-107
7

Mid Semester


8
Pragmatic language assessment
Henning, G. 1987.
Suparman, Bab 7, hal. 112-132
9
Norm referenced and crterion referenced language assessments
Lyman, H.B. 1971.
Suparman, Ujang. 2010
10
Quiz II

11
Discrete point vs Integrative language assessments
Lyman, H.B. 1971.
Suparman, 2010
12
Types of tests in language assessment
Lyman, H.B. 1971.
Suparman, Ujang. 2010
13
Types of test items in language assessment
Isaac, S. & Michael, W.B. 1982.
Suparman, Ujang. 2010.
14
The items, passage items, and discrete items
Suparman, Ujang. 2010.
15
General Review
All materials
16

Final Examination

Test Items


8.     Dosen Penanggung Jawab: Ujang Suparman, M.A., Ph.D.


Bandar Lampung, 28 Oktober 2011
Disusun oleh:
 
Ujang Suparman, M.A., Ph.D.
NIP. 195706081986031001




GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN 2

JUDUL MATA KULIAH               : ADVANCED READING

KODE MATA KULIAH/SKS        : KBG 225/2 SKS

DESKRIPSI SINGKAT                  :
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa Bahasa Inggris Program Strata I tentang konsep-konsep lanjutan Reading Comprehension, serta latihan-latihan tingkat lanjut. Dengan demikian, para mahasiswa diharapkan bisa memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk memahami ide-ide yang terkandung di dalam teks berbahasa Inggris tingkat lanjut, menggunakan strategi membaca tingkat tinggi, berpikir tingkat tinggi serta bisa memahami ide-ide baik yang tersurat maupun yang tersirat.

STANDAR KOMPETENSI:
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep reading comprehension tingkat tinggi, antara lain meliputi: Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge; components of visible text and non-visible texts; theory of strategic text processing; comprehension problems identification and comprehension strategy determination.  

Persyaratan:

Untuk mengikuti matakuliah ini, mahasiswa harus sudah lulus mata kuliah: Elementary reading, pre-intermediate reading, dan Intermediate reading; mahasiswa diwajibkan mengikuti tatap muka minimal 80%, memiliki buku ajar yang digunakan, datang tepat waktu setiap kali ada pertemuan; melaksanakan tugas individu, tugas kelompok, mid semester, dan ujian akhir.

Kegiatan Mahasiswa:

1.      Belajar secara reguler di dalam kelas.
2.      Mengerjakan tugas terstruktur di luar kelas dengan bimbingan dosen yang bersangkutan.
3.      Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama antara dosen pengampu dengan mahasiswa.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Judul Mata Kuliah                   : advanced reading

Kode Mata Kuliah/SKS : KBG 225/2 sks

Waktu Pertemuan          : 16 kali pertemuan dalam satu semester.

 Kompetensi:


1.     Standar Kompetensi
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep reading comprehension tingkat tinggi, antara lain meliputi: Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge; components of visible texts and non-visible texts; theory of strategic text processing; comprehension problems identification and comprehension strategy detrmination.  

2.     Kompetensi Dasar
Mahasiswa bisa: (1) membedakan dengan tepat Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge; (2) membedakan antara components of visible text and non-visible texts, (3) menjelaskan dengan tepat theory of strategic text processing, (4) mendeskripsikan comprehension problems dan bisa mengidentifikasinya, (5) bisa menerapkan dengan tepat comprehension strategies, (6) mengerjakan latihan yang mengandung components of visible text and non-visible texts (7) mengidentifikasi comprehension problems; (8) memilih dan menggunakan dengan tepat comprehension strategies; dan (9) berlatih menyelesaikan soal-soal reading comprehension section dalam TOFEL.

 

Proses Kegiatan Belajar Mengajar

Pertemu-an ke

Kompetensi


(A)

Pokok Bahasan


(B)
Subpokok bahasan

 (C)
Kegiatan Belajar Mengajar
(D)
Media dan Alat Bantu:
(E)

Evaluasi


(F)
1
SK: sama dengan di atas
KD: membedakan dengan tepat Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge
Theory of comprehension: Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge
1.      What is comprehension?
2.      The differences between Text-driven operation knowledge-driven operation
3.      The characteristics of Text-driven operation knowledge-driven operation
1.      Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang comprehension yang mereka ketahui
2.      Penyajian materi
3.      Tanya jawab tentang materi tersebut
1.      OHP
2.      LCD
3.      white board
4.      hand out
1. Please explain the definition of comprehension
2. Explain the differences between Text-driven operation knowledge-driven operation.
3.  Describe clearly the characteristics of text-driven operation knowledge-driven operation
2
SK: sama dengan di atas
KD: (1) membedakan antara intratextual perception, metacognition and prior knowledge text processing.
(1)     intratextual perception,
(2)     metacogni-tion and
(3)     prior knowledge theory of strategic text processing
(1)     The details of intratextual perception non-visible texts
(2)     The details of metacognition and
processing
(3)  prior knowledge theory of strategic text processing
(1)     Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang konsep intratextual perception,
metacogni-tion and prior knowledge theory of strategic text processing
(2)     Pengajian materi tentang The theory of strategic text processing
(3)     Mahasiswa mengerjakan Reading comprehension practice

1.     OHP
2.     LCD
3.     white board
4.     hand out
(1)     Describe the differences among intratextual perception,
metacogni-tion and
prior knowledge theory of strategic text processing.

(2)                   Provide examples showing the differences among intratextual perception,
metacogni-tion and prior knowledge theory of strategic text processing.
3
SK: sama dengan di atas
KD:
(1)    mendeskripsikan comprehension problems dan bisa mengidentifikasi-nya,
(2)    bisa menerapkan dengan tepat comprehension strategies
(3)    Berlatih mengerjakan soal2 reading comprehension dengan tujuan mengidentifikasi comprehension problems dan menentukan strategi pemecahannya.

(1)   Kinds of comprehension problems

(2)   Kinds of comprehen-sion strategies
Comprehension problems:
1.     Grammatical
2.     Morphological
3.     Syntactic
4.     Lexial
5.     Background knowledge

Comprehension strategies:
1.      Prediction
2.      Guessing
3.      Inference
4.      Coinage
5.      Sikkiming
6.      Language analysis

1.      Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang jenis- comprehension problems and comprehension strategies
2.      Penyajian materi
3.      Tanya jawab tentang materi yang baru selesai dibahas
1.    OHP
2.    LCD
3.    White board
4.    Hand out
1.  Describe Kinds of  comprehen-sion problems
2.  Explain briefly the kinds of comprehen-sion strategies

4
Quist I






5
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mendeskripsikan More about comprehension problems and comprehension strategies
(2). Mengadakan small group discussion for practicing the identification of comprehension problems and the solution to the problems using comprehension strategies

More about comprehension problems (background knowledge) and comprehension strategies (topic priority)

More about comprehension problems (background knowledge) and comprehension strategies (topic priority)

1.     Pendahuluan: Diskusi prapresentasi tentang background knowledge.
2.     Penyajian materi
3.  Diskusi dlm kelompok kecil (5 rang) untuk mempratikkan mengidentifikasi problems yang berkaitan dg background knowledge
1.  OHP
2.  LCD
3.  White board
4.  Hand out
1.  Please describe more about comprehension problems.
2.  Explain ypur understanding about comprehension strategies.
6
SK: sama dengan di atas
KD: (1) mengidentifikasi comprehension problems; (2) memilih dan menggunakan dengan tepat comprehension strategies; dan (3) berlatih menyelesaikan soal-soal reading comprehension section dalam TOFEL.

1.    Comprehension problems
2.    Comprehension strategies
3.    Comprehension exercises
1. Identifying Comprehension problems
2. Determining appropriate  comprehension strategies

1.      Pendahuluan: Mereview kembali tentang materi seminggu yang lalu
2.      Menyajikan materi baru
3.      Penutup: Tanya jawab tentang materi yang baru dibahas.
4.      Mengerjakan latihan reading comprehension.
sda
1.  Please explain the comprehension problems that you found in the texts.
2.  Please describe comprehension strategies that you used to solve the problems at hand.
7
Mid Semester





8
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan comprehension exercises.
(2) membahas hasil latihan bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.

Reading comprehension practice 1
Reading comprehension practice 1
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 1.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension exercises 1
9
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan latihan comprehension lebih lanjut.
(2) membahas hasil latihan reading comprehension bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.

Reading comprehension practice 2
Reading comprehension practice 2
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 1.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension practice 2
10

Quist II






11
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan latihan reading comprehension.
(2) membahas hasil latihan mahasiswa bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.

Reading comprehension practice 3
Reading comprehension practice 3
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 1.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension practice 3
12
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan latihan reading comprehension.
(2) membahas hasil latihan mahasiswa bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.


Reading comprehension practice 4
Reading comprehension practice 4
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 4.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension practice 4
13
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan latihan reading comprehension.
(2) Membahas hasil latihan mahasiswa bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.

Reading comprehension practice 5
Reading comprehension practice 5
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 5.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension practice 5
14
SK: Sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan latihan reading comprehension.
(2) membahas hasil latihan mahasiswa bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.

Reading comprehension practice 6
Reading comprehension practice 6
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 6.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension practice 6
15
SK: sama dengan di atas
KD: (1) Mahasiswa memiliki pengalaman langsung dari berlatih mengerjakan latihan reading comprehension.
(2) membahas hasil latihan mahasiswa bersama-sama ditunjuk tiga orang untuk tampil dan menyajikan hasil pekerjaannya. Lalu dikomentari.

Reading comprehension practice 7
Reading comprehension practice 7
1. Latihan mengerjakan Reading comprehension practice 1.
2. Penyajian dan diskusi tentang hasil pekerjaan mahasiswa oleh mahasiswa.
3. Tanya jawab
sda
Diskusi tentang comprehension practice 7
16
Final examination










G.    Bibliography:


Garbutt, M. & O’Sullivan, K. 1991. IELTS strategies for study: Reading, writing, listening & speaking at university and college. Sydney: Macquary University.

Lougheed, Lin. 1986. TOEFL prep book. Englewood Cliffs, NJ: Regent/Prentice Hall

Lougheed, Lin. 1990. TOEFL prep book. Englewood Cliffs, NJ: Regent/Prentice Hall

Suparman, Ujang. 2007. Reading strategies of English as a foreign language (Book I). Ciputat Tangerang Selatan: Mata Baca.

Suparman, Ujang. 2008. Reading strategies of English as a foreign language (Book II). Ciputat Tangerang Selatan: Mata Baca.

Suparman, Ujang. 2007. Understanding reading comprehension: Theory of Reading comprehension. Bandar Lampung: Lampung University Press.

Suparman, Ujang. 2011. Developing reading comprehension skills and strategies. Ciputat Tangerang Selatan: Mata Baca.



KONTRAK PERKULIAHAN

a.     Nama Mata Kuliah             : Advanced Reading
b.     Kode Mata Kuliah/sks       : KBG 225 /2 sks
c.      Semester                           : Genap
d.     Hari Pertemuan/jam            : Selasa, 10:50 – 12:30
e.      Tempat Pertemuan             : Ruang F2 FKIP Unila
f.       Status Mata Kuliah             : Wajib
g.     Mata Kuliah Prasyarat        : Reading I, Pre-Intermediate Reading,
                                               Intermediate Reading

1.     Manfaat Mata Kuliah bagi mahasiswa:
  1. Mahasiswa memperoleh wawasan tingkat lanjut tentang konsep-konsep Reading Comprehension.
  2. Mahasiswa memahami theory of comprehension: Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach).
  3. Mahasiswa memahami dengan tepat intratextual perception, metacognition and prior knowledge; comprehension problems identification and comprehension strategy determination.
  4. Mahasiswa menguasai konsep tentang components of visible text and non-visible texts.
  5. Mahasiswa menguasai theory of strategic text processing dalam kaitannya dengan reading comprehension activities.
  6. Mahasiswa memperoleh pengalaman langsung berlatih mengerjakan comprehension exercises tingkat tinggi dengan menggunakan text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) yang sudah mereka pelajari.
  7. Mahasiswa memperoleh pengalaman langsung berlatih mengerjakan comprehension exercises tingkat tinggi dengan menggunakan intratextual perception, metacognition and prior knowledge yang lebih kompleks.
  8. Mahasiswa memperoleh pengalaman langsung berlatih mengerjakan comprehension exercises tingkat tinggi berkenaan dengan comprehension problems identification and comprehension strategy determination

2.     Deskripsi Perkuliahan:

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa Bahasa Inggris Strata I tentang konsep-konsep reading comprehension tingkat tinggi, serta latihan-latihan mengerjakan comprehension exercises tingkat tinggi yang diambil dari materi TOEFL. Dengan demikian, para mahasiswa diharapkan bisa memiliki pemahaman yang cukup memadai tentang konsep-konsep reading comprehension tingkat lanjut serta memiliki pengalaman mengerjakan comprehension exercises tingkat tinggi dengan menggunakan text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) yang sudah mereka pelajari.

3.     Standar Kompetensi:
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep reading comprehension tingkat tinggi, antara lain meliputi: Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge; components of visible text and non-visible texts; theory of strategic text processing; comprehension problems identification and comprehension strategy detrmination.

4.     Strategi Perkuliahan:
Selama perkuliahan, mahasiswa diajak menggunakan daya pikir mereka sebelum penyajian materi dimulai (brainstorming), dilanjutkan dengan penyajian materi melalui alat Bantu LCD, OHP dan media lainnya; diskusi, serta diakhiri dengan tanya jawab seputar topik yang sedang dibahas.

5.     Materi/Bacaan Pekuliahan         :
a.       Reading strategies (Book I and II)
b.      Buku-buku TOEFL untuk latihan reading comprehension.
c.       Buku IELTS bagian reading comprehension nya.

6.     Tugas untuk Mahasiswa:
a.       Tugas mandiri: Setiap minggu diberi tugas untuk mengerjakan latihan-latihan reading comprehension, lalu dikumpulkan, yang sebagian di antaranya dibahas bersama.
b.      Tugas Kelompok: Kelas dibagi ke dalam kelompok kecil maksimal 5 orang, kemudian diberi tugas untuk menganalisa teks dan dikumpulkan menjelang akhir semester.

7.     Kriteria Penilaian Hasil Belajar mahasiswa:
  1. Mengikuti perkuliahan minimal 80% (pertimbangan boleh tidaknya mengikuti ujian akahir)
  2. Mengikuti Quiz I dan II
  3. Menyerahkan tugas mandiri dan kelompok.
  4. Mengikuti ujian tengah semester
  5. Mengikuti Ujian Akhir

 Pembobotan nilai untuk MK Translation
Item yang dinilai
Bobot
Quiz I dan II
20%
Tugas mandiri dan kelompok
20%
Ujian Tengah Semester
25%
Ujian Akhir
35%

Penilaian dengan PAP:
Nilai Total
Huruf Mutu
>7,5
A
6,6 – 7,5
B
5,5 – 6,5
C
5,0 – 5,4
D
<5,0
E


8 Jadwal Perkuliahan:

Minggu ke

Topik bahasan
Bacaan/Bab
1
Introduction: Theory of comprehension: Text-driven operation (bottom-up approach) vs knowledge-driven operation (top-down approach) - intratextual perception, metacognition and prior knowledge.
Smith, F. 1982. Reading
Smith, F. 1982. Understanding reading.
Suparman, U. 2011. Developing raeding comprehension and strategies
2
(1)     intratextual perception,
(2)     metacogni-tion and
(3)     prior knowledge theory of strategic text processing
Smith, F. 1982. Reading
Smith, F. 1982.
Suparman, U. 2011. Understanding reading.

3
(1)   Kinds of comprehension problems
(2)    Kinds of comprehen-sion strategies
Suparman, U. 2011. Understanding reading.
Suparman, U. 2007. Understanding reading comprehension: Theory of Reading comprehension.
4

Quiz I


5
More about comprehension problems (background knowledge) and comprehension strategies (topic priority)
Suparman, U. 2007. Understanding reading comprehension: Theory of Reading comprehension.
6
1. Identifying Comprehension problems
2. Determining appropriate  comprehension strategies
Suparman, U. 2007. Understanding reading comprehension: Theory of Reading comprehension.
7

Mid Semester


8
Reading comprehension practice 1
TOEFL Preparation
9
Reading comprehension practice 2
TOEFL Preparation
10
Quiz II

11
Reading comprehension practice 3
TOEFL Preparation
12
Reading comprehension practice 4
TOEFL Preparation
13
Reading comprehension practice 5
TOEFL Preparation
14
Reading comprehension practice 6
TOEFL Preparation
15
Reading comprehension practice 7
TOEFL Preparation
16

Final Examination

Test Items

8.      Dosen Penanggung Jawab: Ujang Suparman, M.A., Ph.D.


Bandar Lampung, 28 Oktober 2011
Disusun oleh:
 
Ujang Suparman, S.Pd., M.A., Ph.D.
NIP. 195706081986031001